Perbandingan Yamaha Aerox 155 VS NMax 155, Mau Pilih Mana…?? Baca Dulu!
Yeah… Kehadiran Yamaha Aerox 155 di Indonesia memang sangat menarik untuk diperbincangkan… Skutik baru dengan kubikasi mesin 155 cc namun mengambil segmen pasar baru… Meskipun di Indonesia sudah cukup banyak skutik 150 cc lainnya seperti Honda Vario, Yamaha NMax 155 dan juga lainnya… Namun Yamaha Aerox 155 tampil beda dengan yang skutik lainnya… Memiliki tongkrongan layaknya skutik skutik entry level namun menggunakan rangka bacbone… Dulu sih skutik rangka backbone identik dengan Yamaha Nouvo atau juga Suzuki Skywave dan juga Hayate yang mempunyai kubikasi mesinnya 125 cc…
Hadir dengan menggunakan mesin 155 cc plus Vaeriable Valve Actuation (VVA) layaknya Yamaha Nmax, Yamaha Aerox 155 membuka segmen skutik baru di Indonesia… Dengan tampilan sporty dan sedikit terlihat gamboot, Yamaha Aerox 155 hadir dengan rangka backbone… Ini yang menjadikan Yamaha Aerox 155 semakin terlihat mantap menurut saja, menggunakan rangka backbone… Meskipun begitu Yamaha Aerox 155 tetap berbeda dengan Yamaha Nmax 155 yang menyasar ke segmen yang lebih elegan… Tampilan keduanya berbeda jauh antara sporty dan elegan… Soal kenyamanan rider juga berbeda, Yamaha Nmax bisa selonjoran dan menaruh kaki di deck sayap bawah… Sementara itu posisi kaki rider Yamaha Aerox 155 tidak sebegitu leluasa Yamaha NMax… Baca juga: Spesifikasi dan Harga Yamaha Aerox 155…
Namun belakangan ini tidak sedikit juga yang mengkomparasikan Yamaha Aerox 155 dengan Yamaha NMax 155… Karena meskipun segmen yang disasarnya berbeda jauh, harga dari kedua skutik tersebut tidak terpaut begitu jauh… Dan keduanya mempunyai kelebihan dan kelemahannya masing masing… Nah, kali ini mencoba membandingkan Yamaha Aerox 155 dengan Yamaha NMax 155… Baca juga: Yamaha Aerox 155 VS Honda Vario 150…
Pertama dari segi harga, inilah yang cukup mendasari membandingkan Yamaha Aerox 155 dengan Yamaha Nmax 155… Untuk harga dari Yamaha Nmax 155 sendiri versi non ABS 25,2 juta sedangkan versi ABS 29,1 juta (harga Jakarta)… Saya sendiri baru sadar harga Yamaha Nmax ternyata naik cukup tinggi juga ya… Sementara itu untuk harga Yamaha Aerox versi standar adalah 21,85 juta, R version 23,75 juta, S version (ABS) 26,15 juta…
Sangat menarik memang bila dilihat dari segi harga baik Yamaha Aerox 155 maupun Yamaha Nmax 155… Untuk versi non ABS alias standar selisih 3,35 juta, sedangkan untuk versi ABS selisih 2,95 juta…
Yang kedua segi fitur, soal fitur jelas tidak bisa dilewatkan begitu saja… Saat memilih motor baru memang salah satu faktor yang mempengaruhi adalah fiturnya yang tidak boleh ketinggalan jaman… Nah, dalam hal ini Yamaha Aerox 155 terlihat sangat unggul dari segi fitur terhadap Yamaha Nmax 155…
Sekarang membandingkan versi tertinggi dari keduanya… Untuk Yamaha Aerox 155 S version ABS sudah dilengkapi dengan Speedometer digital super lebar dengan ukuran 5,8 inchi… Selain itu terdapat juga smart key system dimana sudah tidak diperlukan lagi anak kunci alias keyless… Selain itu Yamaha Aerox 155 versi ABS juga telah dilengkapi dengan Start & Stop System (SSS)…
Dari segi fitur memang Yamaha Aerox 155 sangat menggiurkan bila dibandingkan dengan Yamaha Nmax 155… Harga yang terpaut lumayan yakni 2,95 namun fitur lebih oke jelas membuat galau calon pembeli…
Perbedaan lainnya adalah dari segi rangka… Rangka Yamaha Aerox 155 dan Yamaha NMax 155 meskipun secara bentuk murip namun bila dilihat lebih teliti cukup berbeda juga… Yamaha Aerox 155 menggunakan rangka dengan besi dari subfram langsung belok ke bawah dan untuk back bone menggunakan besi terpisah… Sementara itu Yamaha Nmax 155 menggunakan rangka dari subfram yang lurus sampai ke komsteer, sedangkan bagian bawah menggunakan besi terpisah… Menurut Om TMCBlog hal ini karena rangka Yamaha Aerox 155 arus menopang mesin jadi bagian bawah harus lebih kuat… Sedangkan untuk Yamaha NMax 155 mesinnya digantung, jadi rangka bagian atas musti lebih kuat…
Penggunaan rangka yang sedikit berbeda ini mungkin juga akan membuat handling dari keduanya sedikit berbeda… Namun tentunya hal tersebut musti harus dicoba satu satu sih… Tapi sepertinya ga begitu jauh jauh banget perbedaan handling dari kedua motor tersebut…
Selanjutnya dari spesifikasi teknis… Meskipun Yamaha Aerox 155 dan Yamaha Nmax 155 menggunakan basic mesin yang sama yakni 155 cc plus Variable Valve Actuation (VVA) namun keduanya mempunyai performa yang sedikit berbeda… Belum lagi spesifikasi yang lainnya, untuk lebih jelasnya bisa melihat tabel di bawah…
Aerox 155
|
Nmax 155
|
|
Tipe mesin
|
Liquid cooled 4 stroke, SOHC
|
Liquid cooled 4 stroke, SOHC
|
Susunan silinder
|
Single cylinder
|
Single cylinder
|
Diameter X langkah
|
58 X 58,7 mm
|
59 X 58,7 mm
|
Perbandingan kompresi
|
10,5 ± 0,4 :1
|
10,5 : 1
|
Volume silinder
|
155,1 cc
|
155 cc
|
Daya maksimum
|
11,0 kW @ 8.000 rpm
|
11,1 kW @ 8.000 rpm
|
Torsi maksimum
|
13,8 Nm @ 6.250 rpm
|
14,4 Nm @ 6.000 rpm
|
Aerox 155
|
Nmax 155
|
|
Sistem starter
|
Electric starter
|
Electric starter
|
Sistem pelumasan
|
Wet sump
|
Wet sump
|
Kapasitas oli mesin
|
Total: 1 liter, berkala: 0,9 liter
|
Total: 1 liter, berkala: 0,9 liter
|
Tipe kopling
|
Dry, centrifugal automatic tipe
|
Dry, centrifugal automatic tipe
|
Transmisi
|
V-belt automatic
|
V-belt automatic
|
Sistem bahan bakar
|
Fuel injection
|
Fuel injection
|
Aerox 155
|
Nmax 155
|
|
Panjang X Lebar X Tinggi
|
1.990 X 700 X 1.125 mm
|
1.955 X 740 X 1.115 mm
|
Jarak sumbu roda
|
1.350 mm
|
1.350 mm
|
Jarak terendah ke tanah
|
142 mm
|
135 mm
|
Tinggi tempat duduk
|
790 mm
|
765 mm
|
Kapasitas tangki bensin
|
4,6 liter
|
6,6 liter
|
Berat isi
|
118 kg
|
127 kg
|
Aerox 155
|
Nmax 155
|
|
Tipe rangka
|
Underbone
|
Underbone
|
Suspensi depan
|
Teleskopik
|
Teleskopik
|
Suspensi belakang
|
Unit swing
|
Unit swing
|
Tipe ban
|
Tubeless
|
Tubeless
|
Ban depan
|
110/80-14 M/C 53P
|
110/70-13 M/C 48P
|
Ban belakang
|
140/70-14 M/C 62P
|
130/70-13 M/C 63P
|
Rem depan
|
Disc brake
|
Disc brake
|
Rem belakang
|
Drum brake
|
Disc brake
|
Aerox 155
|
Nmax 155
|
|
Sistem pengapian
|
TCI
|
TCI
|
Tipe battery
|
YTZ7V
|
YTZ7V
|
Tipe busi
|
NGK/CPR8EA9
|
NGK/CPR8EA9
|
Yoi, kedua skutik tersebut mempunyai basic mesin yang sama dengan teknologi VVA yang sama dan ukuran bore dan stroke yang sama… Namun Yamaha Nmax 155 mempunyai performa yang lebih tinggi dengan power puncak 11,1 kW dan torsi 14,4 Nm… Sedangkan Yamaha Aerox 155 sedikit di bawahnya dengan power puncak 11,0 kW dan torsi 13,8 Nm… Oiya, Yamaha Aerox 155 juga sudah dilengkapi dengan Smart Motor Generator (SMG) yang membuatnya terdengar lebih halus ketika sedang menghidupkan mesin…
Dari segi dimensi juga tidak berbeda terlalu jauh banget… Mungkin yang begitu terasa adalah soal seat heigh atau tinggi tempat duduk dimana Yamaha Aerox 155 79 cm sedangkan Yamaha Nmax hanya 76,5 cm… Soal kapasitas bahan bakar Yamaha NMax juga jauh lebih banyak dengan 6,6 liter sedangkan Yamaha Aerox 155 hanya 4,6 liter saja…
Untuk berat motor Yamaha Aerox 155 lebih ringan yakni 118 kg sedangkan Yamaha Nmax lebih berat dengan 127 kg… Sementara itu soal ukuran ban dan velg juga berbeda jauh dimana Yamaha Nmax masih menggunakan velg 13 inchi… Sedangkan Yamaha Aerox 155 menggunakan velg dengan diameter 14 inchi… Ukuran profil ban belakang pun lebih besar Yamaha Aerox 155 yang mencapai 140/70…
Last, baik Yamaha Aerox 155 maupun Yamaha Nmax 155 tentu memiliki sisi plus dan minusnya masing masing… Keputusan tentunya di tangan anda sebagai konsumen… Kalau saya sih cenderung lebih memilih Yamaha Aerox 155 dari pada Yamaha Nmax 155 :mrgreen: … Dan jangan sampai salah pilih motor, jika masih ragu ragu mendingan ke dealer dan meminta untuk test ride… Dari pada sudah terlanjur beli baru setelahnya menyesal kan nyesek banget…
sumber : ardiantoyugo.com
________________________________________________________________________________