Perbandingan Spesifikasi All New Yamaha R15 VS Suzuki GSX-R150 Vs Honda CBR150R K45G, Pilih Mana Yah?


Sobat sekalian…persaingan motor sport full fairing 150cc makin panas kala Suzuki Indonesia merilis Suzuki GSX-R150 dan Yamaha Indonesia mengelurkan All New Yamaha YZF-R15 sebagai generasi ketiga yang resmi dirilis pebalap anyar Yamaha MotoGP,Maverick Vinales pada 23 Januari 2017 Di Sirkuit Sentul,Bogor,Jawa Barat. Nah,praktis tuh All New Honda CBR150R berkode project K45G yang kala itu paling unggul disejumplah sektor harus tergeaser oleh jagoan baru dari Yamaha dan Suzuki ini sob! Loh,emang spesifikasinya seperti apa sih hingga membuat unggul dari adik Honda CBR250RR ini. Oleh karena itu,supaya lebih jelas akan saya kasih perbandingan /komparasai spesifikasi antara ketiga motor sport yang berhasil saya rangkum dibawah ini

Dimensi Keseluruhan
Jika melihat antar ketiganya, maka akan terlihat kalau Yamaha R15 lebih pendek dari Suzuki GSX-R150 lantaran mempunyai panjang 1.990 mm

Kendati demikian,R15 terbaru 2017 ini masih lebih panjang dari New Honda CBR150R yang mempunyai dimensi terpanjang  1.983 mm lebarnya 694 mm.

Tinggi Jok

Dengan lebar tertinggi yakni 725 mm praktis membuat jarak jok All New Yamaha R15 ke tanah mencapai 815 mm,sementara Suzuki GSX-R150 785 mm dan All New Honda CBR150R 787 mm. Saya yakni ketika All New Yamaha R15 diduduki oleh tinggi 165 seperti saya agak jinjit balet sob 😀

Berat/Bobot
bicara bobot rupanya ALl New Yamaha R15 menjadi motor sport full fairing  150cc paling berat dikelasnya yakni 137 kg (basah),sementara All New Honda CBR150R k45G mempunyai berat kosong 135 kg. Nah paling kompak dan mungil rupanya membuat bobot Suzuki GSX-R150 paling ringan loh yakni cuma 131 kg itupun berat basah loh sudah ada bensin dan oli mesin.

Rangka/Chasis

Yamaha Indonesia masih mempertahankan chasis atau rangka Deltabox pada All new Yamaha R15 lantaran,memang R series lainya Sudah menggunkan rangka ini ,dan R25 pun yang saat ini masih menggunkana rangka twin tube gosipnya akan pakai rangka deltabox juga loh…

Sementara All New Honda CBR150R dan Suzuki GSX-R150 kompak mengunakan rangka diamond dari pipa tubullar. dari ketiganya sudah menggunakan suspensi monoshok aka tunggal dan telah dilengkapi link yang membuat getaran bisa ditoleran dengan baik.

Kaki-Kaki

Hadir belakangan rupanya membuat All new Yamaha R15 menyuguhkan kaki-kaki kekar dan ban cukup gambot sob,lihat saja suspensi depan sudah menggunakan upside down (USD) berdiamter 37 mm,sedangakan All New Honda CBR150R dan Suzuki GSX-R150 masih menggunakan front frok teleskopik yang masing masing berdiamter 31 mm.

Ban All New Yamaha R15 paling besar dikelasnya yakni depan 100/80-17  dan 140/70-17 untuk belakang. All New CBR150R ukurannya 100/80-17 dan 130/70-17, sedang GSX-R150 90/80-17 dan 130/70-17.

Ukuran pelek Yamaha R15 paling besar juga yakni 2.50×17 sementara ukuran pelek belakang: 4.00×17. Suzuki GSX-R150 punya pelek berukuran 2.15×17 didepan dan ukuran pelek belakang: 3.50×17

Mesin/Engine

Kapasitas mesin All New R15 membengkak menjadi 155,1 cc yang berimbas membengkak pula ada ukuran bore x stroke menjadi 58 x 58,7 mm. All New CBR150R mempunyai kapasitas sebesar 149,16 cc hasil dari bore x stroke 57,3 x 57,8 mm. Sementara GSX-R150 147,3 cc yang diperoleh dari bore x stroke piston 62 mm x 48,8 mm.

Pengaturan buka tutup Katup
All New Yamaha R15 masih SOHC (single overhead camshaft) yang dibumbui VVA ( Variable Valve Actuation) ,All New Honda CBR150R sudah menganut pengaturan buka tutup katup DOHC (Double overhead camshaft) roller rocker arm, sedangkan Suzuki GSX-R150 DOHC direct drive.

Performa


dengan penyempurnaan mesin,All New Yamaha R15 mempunyai perdorma cukup baik hal ini bisa kita lihat pada powernya yang mencapai 4,2 kW atau setara 19 HP diputaran mesin 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm/8.500 rpm. GSX-R150 sedikit di bawahnyayakni  14,1 kW atau setara  18,9 HP /10.500 rpm dan torsi 14,0 Nm/9.000 rpm. Sedang All New CBR150R hanya12,6 kW alias 16,9 HP /9.000 rpm dan 13,7 Nm/7.000 rpm.


Untuk lebih jelas monggo simak perbandingan Spesifikasi All New Yamaha R15 V3 2017 VS Suzuki GSX-R150 Vs Honda CBR150R K45G

All New Yamaha R15

 

Data spesifikasi All New Yamaha R15:
P x L x T: 1.990 x 725 x 1.135 mm
Tinggi jok: 815 mm
Jarak sumbu roda: 1.325 mm
Bobot basah: 137 kg
Tipe mesin: 4 langkah SOHC 4 klep berpendingin cairan
Kapasitas mesin: 155,1 cc
Bore x stroke: 58 x 58,7 mm
Rasio kompresi: 11,6:1
Tenaga maksimal: 19,03 dk (14,2 kW)/10.000 rpm
Torsi maksimal: 14,7 Nm/8.500 rpm
Starting System: Electric
Kapasitas tangki: 11 liter
Fuel System: Fuel Injection
Tipe kopling: Wet Type Multi-Plate Clutch
Primary reduction ratio: 73/24 (3,042)
Secondary reductio ratio: 48/14 (3,429)
Ukuran ban depan: 100/80-17M/C 52P
Ukuran ban belakang: 140/70-17M/C 66S
Ukuran pelek depan: 2.50×17
Ukuran pelek belakang: 4.00×17
Rem depan: Cakram 282 mm kaliper 2 piston
Rem belakang: Cakram 220 mm kaliper 1 piston
Suspensi depan: upside down 37 mm
Suspensi belakang: monosok
Lampu depan: LED
Lampu rem: LED

Suzuki GSX-R150


Data spesifikasi Suzuki GSX-R150:
P x L x T: 2.020 x 700 x 1.075 mm
Jarak sumbu roda: 1.300 mm
Tinggi jok: 785 mm
Jarak terendah: 160 mm
Bobot basah: 131 kg
Tipe mesin: 4 langkah   1 silinder
Pendinginan: cairan (radiator)
Sistem katup: DOHC 4 katup
Kapasitas: 147,3 cc
Bore x stroke: 62,0 × 48,8 mm
Tenaga maksimal: 18,9 dk/10.500 rpm
Torsi maksimal: 14,0 Nm/9.000 rpm
Sistem bahan bakar: Fuel Injection
Transmisi: 6-speed
Sistem starter: Elektric
Tipe sasis: Diamond
Rem depan: Disc (Petal)
Rem belakang: Disc (Petal)
Suspensi depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Monosok
Ukuran pelek depan: 2.15×17
Ukuran pelek belakang: 3.50×17
Ban depan: 90/80-17(TL)
Ban belakang: 130/70-17 (TL)
Lampu utama: LED
Lampu rem: Bulb
Tipe aki: MF
Panel instrumen: Full digital
Takometer: Yes
Kapasitas tangki: 11 liter
Emisi: Euro3
Key-less Ignition: Yes

All New Honda CBR150R K45G

Data spesifikasi All New Honda CBR150R:
P x L x T: 1.983 x 694 x 1.038 mm
Jarak sumbu roda: 1.311 mm
Tinggi jok: 787 mm
Jarak terendah: 166 mm
Bobot basah: 135 kg (kosong)
Tipe mesin: 4 langkah 1 silinder
Pendinginan: cairan (radiator)
Sistem katup: DOHC 4 katup
Kapasitas: 149,2 cc
Bore x stroke: 57,3 x 57,8 mm
Tenaga maksimal: 16,9 dk/9.000 rpm
Torsi maksimal: 13,7 Nm/7.000 rpm
Sistem bahan bakar: PGM-FI
Transmisi: 6 speed
Sistem starter: Elektric
Tipe sasis: Diamond
Rem depan: Disc (Petal)
Rem belakang: Disc (Petal)
Suspensi depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Monosok Pro-link
Ukuran pelek depan: 2.50×17
Ukuran pelek belakang: 3.50×17
Ban depan: 100/80-17 52P(TL)
Ban belakang: 130/70-17 62P (TL)
Lampu utama: LED
Lampu rem: LED
Tipe aki: MF Wet 12V 5Ah
Panel instrumen:Full digital
Kapasitas tangki: 12 liter
Emisi: Euro3

Semoga Berguna (sumber : http://bmspeed7.com)

Subscribe to receive free email updates: